Gorong-Gorong

Menentukan Kebutuhan Pembangunan Gorong-Gorong

Gorong-gorong adalah struktur drainase melintang dan bagian permukaannya tertutup secara penuh. Gorong-gorong biasanya ditempatkan dibawah tanah atau di bawah jalan. Ukuran dan jenis gorong-gorong tergantung kebutuhan dan tergantung pada volume aliran air, jika dibuat untuk keperluar aliran air, meskipun gorong gorong juga banyak diimplementasikan untuk berbagai keperluan. Beberapa gorong-gorong juga dapat berfungsi sebagai permukaan jalan, tetapi gorong gorong akan selalu berfungsi untuk mengalirkan air melalui pipa atau saluran. Secara umum, pemilihan dan jenis bahan akan tergantung pada biaya komparatif, lokasi struktur, ketersediaan tenaga kerja terampil, batasan waktu dan desain yang diusulkan.

Gorong-Gorong Kotak (Box Culvert)

Salah satu jenis gorong-gorong yang paling sering digunakan adalah gorong-gorong kotak atau Box Culvert. Gorong-gorong kotak memiliki lantai beton meskipun bahan lain dapat juga digunakan. Gorong gorong jenis kotak (Box Culvert) ini yang memungkinkan air mengalir dengan lancar melalui ruang box tersebut nya. Box culvert biasanya terdiri dari Reinforced Concrete (RCC). Beberapa gorong-gorong kotak dapat dibangun menggunakan struktur komposit dan sangat baik ketika air perlu mengubah arah atau merubah aliran air sesuai kebutuhan. Gorong-gorong kotak juga dapat dipasang sedemikian rupa sehingga bagian atas gorong-gorong atau permukaannya dapat dilalui atau digunakan sebagai jalan. Bagian yang paling sulit pada saat pemasangan Box Culvert di area aliranair adalah membendung atau mengalihkan aliran air terlebih dahulu pada saat pemasangan Box Culvert.

Gorong-Gorong Lengkung (Arch Culvert)

Gorong-gorong lengkung biasanya merupakan gorong-gorong profil rendah. Pemasangannya dapat dilakukan dengan lebih mudah tanpa mengganggu jalan atau lalu lintas di atasnya. Hal ini dikarenakan gorong-gorong lengkung akan membentang di seluruh lebar drainase. Gorong-gorong jenis ini umumnya terbuat dari logam, batu atau RCC. Mereka dipasang dengan mudah, dan tidak perlu menggunakan struktur pengalihan air yang mahal untuk menginstalnya. Bentuk umum gorong-gorong ini bisa berbentuk lengkung setengah lingkaran, lengkung elips, dan gorong-gorong kotak beton. Manfaat lain dari jenis struktur ini adalah bahwa proses instalasi tidak akan memakan banyak waktu, dibandingkan dengan gorong-gorong kotak tradisional.

Pipa

Gorong-gorong pipa tersedia dalam berbagai bentuk seperti lingkaran, elips, dan lengkungan pipa. Pipa bundar biasanya yang paling umum digunakan, bentuk lain bisa digunakan tergantung pada kondisi dan kendala lokasi. Harga pipa sangat kompetitif, dan sangat mudah dipasang. Seperti jenis gorong-gorong lainnya, pemilihan gorong-gorong akan tergantung pada desain hidrolik dan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kinerja dan kesesuaiannya. Gorong gorong jenis ini lebih banyak digunakan di daerah perkotaan dan yang biasanya digunakan untuk mengelola sistem saluran pembuangan.

Tips Memilih Jenis Gorong-Gorong dan Pemasangannya

Sebelum menentukan jenis gorong-gorong yang akan digunakan, ada baiknya mempertimbangkanhal hal berikut:

  • Gorong-gorong perlu dipasang pada ketinggian dan tingkat yang tepat untuk menghindari masalah erosi.
  • Pemeliharaan gorong-gorong tertutup bisa menjadi masalah dan akan lebih kompleks seiring berjalannya waktu.
  • Biaya pemeliharaan harus dipertimbangkan selama proses pemeliharaan.
  • Saluran masuk dan outlet gorong-gorong harus dirancang dan dipasang dengan hati-hati. Ujung yang berlubang adalah cara paling efektif yang bisa dibuat di ujung gorong-gorong. Ujung yang disatukan akan memungkinkan aliran yang tepat dan akan memfasilitasi proses aliran.
  • Ujung dari di saluran keluar gorong-gorong diperkuat agar dapat mengurangi atau mencegah gerusan.
  • Disarankan untuk memasang rip-raps atau struktur serupa untuk mencegah erosi pada gorong-gorong.
  • Bahan agregat yang tepat dapat digunakan untuk mengisi kembali sisi-sisinya, di bawah dan di atas gorong-gorong jika diperlukan. Agregat yang tepat akan mencegah erosi dan akan melindungi gorong-gorong itu sendiri.
  • Jika memungkinkan, pasang gorong-gorong dengan penarikan alami di semua jalan.
  • Pertimbangkan lalu lintas yang akan melewati gorong-gorong dan seberapa dalam akan dipasang. Terkadang gorong-gorong akan runtuh jika tidak dirancang dengan baik.
  • Pertimbangkan lalu lintas yang akan melewati gorong-gorong dan seberapa dalam akan dipasang. Terkadang gorong-gorong akan runtuh jika tidak dirancang dengan baik.

Setelah diputuskan jenis gorong-gorong yang akan digunakan, pastikan untuk memverifikasinya perlu mendapatkan izin dan memenuhi persyaratan legal untuk memastikan bahwa ketepatan dan ketersediaan peralatan dalam proses pemasangan, penimbunan dan pemadatan tanah sesuai spesifikasi teknik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *