U-Ditch

Solusi Masalah Penampang Retak U-Ditch

Retak U Ditch umum terjadi pada produk precast. U Ditch merupakan produk beton yang biasanya digunakan untuk konstruksi saluran air. Penggunaan U Ditch memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Waktu pelaksanaan yang relatif singkat
  • Kemudahan pemasangan
  • Keragaman produk
  • Mutu yang terjaga
  • Kecepatan pemasangan dengan hasil presisi.

Berdasarkan keunggulan-keunggulan tersebut, maka U Ditch dapat menjadi pilihan favorit kebutuhan konstruksi untuk saluran air. Pada umumnya instalasi U Ditch berada satu jalur dengan jalan, tetapi posisinya tidak selalu demikian tergantung kondisi lingkungan di sekitarnya.

Jalur pemasangan U Ditch bisa jadi harus berlintasan dengan jalan sehingga perlu dipertimbangkan apakah tetap diperlukan penggunaan U Ditch atau jenis precast lain seperti box culvert atau buis beton.

Kualitas U-Ditch

U-Ditch memiliki fungsi konstruksi perlintasan air maka pertimbangan mutu perlu menjadi standar baku. Beton yang tidak kuat atau tidak kokoh berisiko mengurangi kepadatan dan berpotensi mengalami pengikisan sehingga menurunkan kualitas dan fungsinya.

Belum lagi bentuk U Ditch yang memiliki potongan dengan sudut bagian dalam membuat kekuatan dan kinerja potongan itu menjadi lemah. Kurangnya kekuatan di titik tersebut dapat terjadi karena adanya tegangan pada penampang tersebut.

Kualitas U Ditch precast dapat dijaga dengan pengendalian mutu sejak dalam proses produksi. Tahapan pekerjaan pembuatan beton U Ditch precast ini dimulai dengan membuat adukan beton dan persiapan cetakan.

Produk U Ditch yang memiliki beban berdasarkan fungsinya membuat U Ditch baru layak digunakan jika memiliki kualitas yang optimal. Untuk memastikan U Ditch yang digunakan tersebut berkualitas maka tahapan proses pembuatan nya harus berdasarkan standar baku kualitas dan memenuhi standar SNI atau ISO.

Kontrol Kualitas  U-Ditch

Proses kontrol kualitas ini sudah mulai dijalankan sejak pembuatan material adukan, pencetakan, pencoran, proses kompresi dan pelepasan cetakan beton setelah material terbentuk.

Jika proses ini telah selesai maka proses selanjutnya adalah handling untuk menyimpan U Ditch ke gudang. U Ditch yang sudah berada di gudang akan diperiksa apakah terdapat retak U Ditch tersebut.

Jika ditemukan retak U Ditch, itu dapat berisiko mengurangi kekuatan dan fungsi precast . Selain pengawasan secara fisik, ukuran juga perlu dikontrol untuk menghasilkan U Ditch yang presisi.

Resiko Penampang Retak U-Ditch

Jika U Ditch yang tidak diperiksa kualitas nya pada proses handling ini, maka retak U Ditch tidak terdeteksi, ia akan berpotensi mengalami dekresi fungsi serta tidak kuat menahan beban dinamis dari benda yang melintas di atas permukaan U Ditch tersebut.

Oleh sebab itu solusi dari masalah retak U Ditch dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan penampang beton secara geometri atau memperbaiki susunan struktur penulangan pada U Ditch.

Diantara kedua cara tersebut, maka cara pertama akan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan perbaikan dengan cara kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *